Geosciences

Geosciences merupakan ilmu yang mempelajari mengenai proses pembentukan bumi yang mencakup batuan penyusunnya, struktur yang mempengaruhi pembentukannya, umur pembentukan (skala waktu geologi) dan sejarah geologi.

Menurut para ahli geologi bahwa bumi terbentuk sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu bersamaan dengan planet-planet lain yang membentuk tatasurya dengan matahari sebagai pusat orbitnya. penentuan umur ini dengan menggunakan skala waktu geologi yang dinyatakan dalam jutaan tahun berdasarkan geokronologi.

Gambar proses perubahan bumi

Bumi memiliki lithosfer yang merupakan bagian atas dari mantel bumi. Bumi yang dinamis ini selalu bergerak karena dipengaruhi oleh pergerakan lempeng tektonik yang relatif bergerak antara satu dengan yang lainnya. Geologi dinamik semacam ini yang menyebabkan gempabumi dan pembtukan gunung berapi. Ada pergerakan lempeng yang saling menjauh (divergen) pemekaran kerak benua (sea floor spreading) ketika lempeng bergerak saling menjauh sehingga memberikan kesempatan magma bergerak ke permukaan, kemudian membentuk busur gunungapi tengah samudera terbentuklah Mid-ocean ridge dan rifting (zone retakan yang aktif).  adanya pergerakan lempeng yang saling mendekat (konvergen) disebabkan karena terjadinya tumbukan antar kerak dimana kerak samudera menunjam di bawah kerak benua (subduksi) . Terjadinya penipisan kerak samudra akibat pergerakan lempeng yang saling bergesekan (transform) menyebabkan terbentuknya deretan gunung berapi barisan.

Gambar pergerakan lempeng tektonik

Pada proses geologi dinamik inilah yang akan menghasilkan sumberdaya energi dan mineral yang dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan tambang hasil bumi. Peristiwa tektonik yang sangat aktif membentuk banyak cekungan-cekungan sedimen (sedimentary basin). cekungan ini yang nantinya akan menjadi batuan induk dari reservoir hydrocarbon menghasilkan minyak dan gas bumi. Dari peristiwa tektonik ini pula terjadi tumbukan lempeng samudra yang mengakibatkan batuan ultrmafic muncul kepermukaan, dari batuan ini yang akan menghasilkan mineral biji. Serta masih banyak lagi proses geosciens yang dapat dijabarkan untuk menjawab proses terjadinya sumberdaya alam dan energi dibumi ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s