Bersiap menjemput kematian


Andai ku tahu….
Kapan tiba ajalku…
Ku akan memohon tuhan tolong panjangkan umurku…

Andai ku tahu…
Kapan tiba masaku…
Ku akan memohon tuhan jangan kau ambil nyawaku…
Aku takut akan semua dosa dosaku…
Aku takut dosa yg terus membayangiku…

by Ungu

Penggalan lirik lagu diatas menggambarkan bahwa betapa takutnya kita akan datangnya kematian. Bagi kebanyakan orang kematian merupakan sesuatu yang menakutkan dan menyedihkan. menakutkan bagi orang yang mencitai kehidupan dunia dan menyedihkan bagi  keluarga yang ditinggal. Tanpa sadar saat kita menjalani hidup didunia itu merupakan proses menuju kematian maka bersiaplah menjeputnya kapan saja dan dimana saja.

Kematian adalah rahasia ilahi yang sudah tertulis dikitab Lauhil mahfudz, seandainya kita dapat mengetahui kapan kematian menjemput pastilah kita tidak akan tenang menjalani kehidupan ini, maka berhagialah karena kematian dirahasiakan. Justru karena dirahasiakan kita dituntut untuk selalu waspada menghadapinya.

Hanya kematian yang pasti dikehidupan ini yang menjadi proses alamiah dalam kehidupan, akhir dari kerumitan hidup dan awal dari hehidupan yang kekal. Orang yg beriman amat bahagia menjemput kematiannya sebab akan bertemu Rabbnya. Berbeda dgn orang yg tidak beriman ia takut menghadapi kematian.  

Dalam firman-Nya Allah menegaskan bahwa ‘Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.“ (QS. Al-Jumu’ah [62]: 8).

Socrates pernah berkata bahwa ” ketika aku menemukan kehidupan (duniawi) kutemukan bahwa ahkir kehidupan adalah kematian, akupun menemukan bahwa kehidupnku abadi. Karena itu kita harus prihatin dengan kehidupan (duniawi) dan bergembira dengan kematian. Kita hidup untuk mati dan mati untuk hidup.

One thought on “Bersiap menjemput kematian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s